Selasa, 30 Juli 2024

Lomba Bedah Data APBD 2024, Thomas : Edukasi Generasi Muda Dalam Awasi Anggaran Negara


JAKARTA, JBP - Lomba Bedah Data APBD adalah suatu kegiatan untuk semakin memperkuat pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap peran APBN maupun APBD yang digunakan untuk berbagai agenda pembangunan baik di lingkup nasional maupun daerah. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Keuangan II (Wamenkeu II) Thomas Djiwandono saat menyampaikan pidato kunci dalam acara Pembukaan Lomba Bedah Data APBD 2024, Selasa (30/7) di Aula Nagara Dana Rakca Kementerian Keuangan Jakarta.(30/7/2024).

“Saya sangat berharap, dengan terus dilakukan edukasi secara berkelanjutan, pengelolaan keuangan melalui instrumen APBN dan APBD akan menjadi semakin pruden, akuntabel dan transparan. Juga memberikan sarana bagi masyarakat dapat terlibat mengawasi seluruh jalannya proses penganggaran dan belanja untuk menciptakan APBN/APBD yang lebih berkualitas,” jelas Wamenkeu II.

Wamenkeu II menyampaiakan apresiasi atas antusiasme generasi muda pada kegiatan Lomba Bedah Data APBD 2024. Menurutnya, hal ini menunjukkan kepedulian yang tinggi untuk bersama-sama mengawal #UangKita yang ada di daerah. Pada lomba tahun ini, tercatat 1.440 tim dari 35 Provinsi termasuk 4 tim dari Jeddah telah mengikuti seleksi tahap pertama. Jumlah ini meningkat sebesar 26% apabila dibandingkan tahun lalu. Selanjutnya terpilih 285 tim untuk mengikuti seleksi tahap kedua dan dikerucutkan menjadi 50 tim terbaik untuk bersaing pada seleksi tahap ketiga. Pagi ini terpilih 10 finalis yang akan bertanding pada babak final.

Di akhir pidato, Wamnekeu II memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) yang secara inovatif, telah melaksanakan kegiatan ini secara rutin sebagai sarana sosialisasi dan akuntabilitas Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan negara.

Wamenkeu II juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat dalam kesuksesan acara ini. Secara khusus, Wamenkeu II juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para guru yang terus mendampingi siswa-siswi yang hebat. Menurutnya, kontribusi para guru tersebut sangat penting dalam memajukan dan meningkatkan SDM Indonesia yang berwawasan tinggi.

“Kepada 10 finalis Lomba Bedah Data APBD 2024 selamat bertanding dan jaga terus sportivitas. Tularkan semangat kalian kepada seluruh anak muda untuk selalu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” tegas Wamenkeu II. 

(Nug/Al/Ira) JBP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Rapat DPSHP Digelar Kecamatan Tamara, Parpol Dinilai Tak Serius Administrasi,Camat: Jelas KTAnya?

KABUPATEN BEKASI, JBP - Rapat Pleno Terbuka di gelar Kecamatan Tambun Utara terkait "Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbai...

POSTINGAN TERUP-DATE