Kamis, 19 Oktober 2023

Lomba Bedah Data APBD 2023, Menkeu Sri Mulyani : Sangat Baik Untuk Dorong Generasi Muda Belajar Tentang APBD

 
 
JAKARTA, JBP – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi para finalis yang merupakan para generasi Z atas partisipasinya dalam Lomba Bedah Data APBD 2023. Menurut Menkeu, lomba tersebut telah menjadi ajang yang sangat baik untuk mendorong generasi muda belajar lebih banyak tentang APBD, (19/10/2023).

"Lomba Bedah APBD yang merupakan salah satu cara kita untuk terus menanamkan pengetahuan, rasa ingin tahu, dan juga kepedulian terhadap negara kita, daerah kita,” kata Menkeu dalam final Lomba Bedah Data APBD 2023 yang diselenggarakan di Aula Nagara Dana Rakca, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (19/10).

Menkeu mengatakan bahwa lomba ini telah memberikan kesempatan kepada para finalis untuk mengasah keterampilan berpikir kritis dan analisis data. Harapannya, para finalis dapat menjadi generasi Z yang terus mencari tahu, haus akan ilmu, dan melalui banyak proses belajar.

"Kalian akan menjadi generasi Z yang tadi tidak hanya cool karena kalian nerd, tahu data, suka data, menganalisa data. Tapi kalian adalah generasi Z yang reliable karena kalian akan terus mencari tahu, kemudian haus akan ilmu. Ikut bertanding, bisa menang, bisa kalah, dan bisa menghargai pemenang dan yang kalah. Kalian adalah generasi Z yang sudah melalui proses yang luar biasa. That’s what you call it champions," ujar Menkeu.

Ke depannya, Menkeu meminta kepada para finalis untuk menyebarkan seluruh proses memahami keuangan negara, termasuk APBD, kepada masyarakat yang lebih luas. Karena APBD merupakan sebuah instrumen yang penting untuk mencapai berbagai tujuan negara.

“Keikutsertaan kalian hadiah buat saya. Karena sebetulnya melalui proses ini, saya membayangkan banyak anak-anak pada level SMA mulai memiliki kesadaran. Sesudah Anda melalui proses ini, kalian mulai menghargai, kalian harus menjadi makin pintar sehingga nanti kalian bisa berkontribusi. Jadi kalian mulai sekarang sudah dititiskan benih untuk mulai sadar mengurus Indonesia bersama-sama, menjadi generasi muda yang cerdas, pandai, berkarakter, dan tentu akan menjadi anak-anak muda yang diharapkan untuk terus menjaga Indonesia menuju cita-citanya,” kata Menkeu.

Partisipasi dan peran serta masyarakat, terutama generasi muda, sangat dibutuhkan dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Untuk itu, Kementerian Keuangan mengadakan Lomba Bedah APBD 2023 yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi keuangan daerah di kalangan generasi muda. Lomba ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan keuangan daerah. 
 
(Dep/Al/Iksn) JBP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Progres Dinilai Lambat Berimbas Tak Terbentuk AKD, PSN : 1 Minggu Ketua Dewan Tak Dilantik, Kami Segera Aksi Dan Upaya Ungkap !

KABUPATEN BEKASI, JBP - Belum adanya pembentukan Ketua Fraksi Partai - Partai sejak terpilih  sampai saat ini serta belum adanya perubahan p...

POSTINGAN TERUP-DATE