Kamis, 26 Oktober 2023

Final Lomba Debat APBN 2023, Menkeu : Wadah Bagi Para Generasi Muda Menjadi Generasi Peduli #UangKita


JAKARTA, JBP - APBN menyentuh seluruh sektor di lapisan masyarakat, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga keamanan. Untuk itu, pengetahuan terkait APBN mutlak diperlukan bagi semua khalayak supaya masyarakat bisa memberikan feedback terkait kebijakan APBN yang diambil oleh pemerintah. Terkait hal ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Lomba Debat APBN 2023 yang diikuti oleh para mahasiswa dari perguruan tinggi sebagai salah satu upaya edukasi APBN kepada masyarakat.(26/10/2023).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam acara Final Lomba Debat APBN 2023, Kamis (26/10), menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat baik dalam mensosialisasikan APBN sekaligus memberikan ruang bagi generasi muda yang memiliki rasa ingin tahu, rasa ingin terus maju, kreativitas, dan juga rasa ingin bertanding secara sehat.

“Kita di Kemenkeu terus menerus ingin mengedukasi, mensosialisasi, menyampaikan dalam berbagai forum dalam berbagai segmen masyarakat mengenai keuangan negara,” terang Menkeu.

Menurut Menkeu, selain memberikan edukasi mengenai APBN, kegiatan ini juga bisa memberikan pemahaman kepada para mahasiswa mengenai mekanisme pengambilan kebijakan dengan berbagai macam kompleksitasnya. APBN adalah instrumen untuk pengelolaan keuangan negara, namun yang paling penting APBN harus digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarat melalui kebijakan yang tepat.

“Dengan lomba ini saya berharap makin banyak mahasiswa-mahasiswa di Indonesia mau menekuni mengenai keuangan negara, mau untuk terus mendalami, mau untuk ikut di dalam perdebatan publik, mau untuk ikut menjaga prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang baik, karena suara kalian, posisi, pandangan dan pendirian kalian menggambarkan mengenai karakter, pendirian, dan posisi Republik Indonesia,” kata Menkeu.

Debat APBN menjadi wadah bagi generasi muda untuk menjadi Generasi Peduli #UangKita, dengan cara mempelajari komponen APBN dan keuangan negara yang merupakan sumber daya ekonomi bangsa yang perlu dijaga dan dikelola dengan bijak agar dapat memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pemahaman dan kepedulian generasi muda yang tinggi terhadap pengelolaan #UangKita menjadi modal yang sangat baik untuk mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Maju. 

(Nug/Dj/Irf) JBP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Progres Dinilai Lambat Berimbas Tak Terbentuk AKD, PSN : 1 Minggu Ketua Dewan Tak Dilantik, Kami Segera Aksi Dan Upaya Ungkap !

KABUPATEN BEKASI, JBP - Belum adanya pembentukan Ketua Fraksi Partai - Partai sejak terpilih  sampai saat ini serta belum adanya perubahan p...

POSTINGAN TERUP-DATE